Tugas utama karburator adalah mencampur Bahan Bakar (BB) + Udara (O2).
Kira-kira dengan perbandingan range nya BB : O2 adl 1 : 13-15. Pokoknya
gmn caranya biar mesin dapet suplai campuran segitu.
Kenapa pake range, padahal teori di buku2 pembakaran ideal itu 1:14?
Jwbannya adl Karena kondisi mesin & linkungan mempengaruhi settingan campuran BB:O2.
Misal:
Kompresi makin tinggi BERARTI mesin makin panas BERARTI butuh suplai BB lebih banyak biar mesin gak jebol.
Humidity
(kelembaban) lingkungan makin tinggi BERARTI campuran BB terkontaminasi
air, BERARTI campuran makin miskin, BERARTI bensin hrs lebih banyak.
Suhu lingkungan rendah BERARTI suhu kerja mesin turun BERARTI bensin harus dikurangi agar suhu kerja mesin jadi ideal.
Knalpot bobokan (Free flow) BERARTI rpm makin tinggi BERARTI suhu mesin meningkat BERARTI butuh BB makin tinggi.
Dan
masih banyak lagi parameter yg harus diperhatiin termasuk desain lubang
masuk pada blok yg b’pengaruh dg settingan spuyer sebagai penyalur BB.
Itu teori dasarnya.
Setting Karbu:
Karbu pny 2 spuyer :
Satu buah main jet (tuk NSR std ukurannya 130) yg berperan meyalurkan BB saat bukaan gas sekitar setengah putaran keatas
Satu
buah pilot jet (NSR std ukurannya 45) yg berperan menyalurkan BB dari
putaran gas 0 derajat sampe penuh, cm efek dari pilot jet ini bisa
dikatakan tidak terlalu signifikan pada bukaan gas penuh N rpm mesin yg
sudah tinggi.
Hal lain yg berpengaruh dengan setingan termasuk :
Ukuran Venturi karbu
Jarum skep
Stelan angin
Power jet.
Venturi
karbu makin besar maka makin banyak udara yg lewat shg butuh spuyer
lebih besar baik pilot atau main jetnya spy campuran bisa pas.
Trus kapan kita membesarkan ato mengecilkan spuyer2 tadi?
Sebelumnya hrs tahu dulu gejala2 mesin saat kekurangan BB dan kebanyakan BB:
1. “Ngempos” adalah gejala mesin spt kehilangan tenaga yg disebabkan kekurangan BB
2.
“Mberebet” adl gejala mesin yg sebenernya dirasa padat cm tenaga
seperti tertahan dan kadang dibarengi dengan suara benturan logam kalo
settingannya terlalu basah.
Berarti kl NGEMPOS mesin butuh BB, kl BREBET mesin kebanyakan BB.
Kasus-Kasus
Nah berikut kasus2 yg sering terjadi krn masalah pilot jet :
Motor kl pagi susah hidup krn begitu gas dibuka ngempos terus mati ya berarti naekin pilot jet.
Motor dah jalan tapi sering tiba2 kehilangan tenaga saat putaran gas N putaran rendah berarti naekin pilot jet
Motor sering over heat saat jalan pelan berarti minta naek pilot jet
Motor brebet di putaran bawah tapi enak di put atas berarti pilot jet kebesaran.
Motor gak pake di cuk kl pagi N bisa langsung start
(ini jg gak normal) berarti pilot hrs turun.
Kesimpulannya,
kl ada gejala ngempos,suhu tinggi diputaran yg relatif rendah maka
minta naek pilot jet, N kl ada gejala brebet di put rendah jg maka pilot
hrs turun.
Trus tuk kasus2 mainjet:
Mtr dibawa kebut2an
sampe putaran atas trus begitu finish jalan pelan2 jadi ngempos
dibarengi asep ngebul BERARTI suhu saat putaran tinggi meningkat drastis
BERARTI main jet minta naik
Nafas motor di putaran atas terlalu panjang berarti mainjet minta naik.
Mtr ngelitik padahal yg lain normal BERARTI suhu mesin SANGAT TINGGI saat putaran atas BERARTI main jet minta naik.
Motor Brebet di put atas saja berarti main jet minta turun
dll
Kesimpulannya,
jika mtr Brebet di put atas berarti main jet hrs turun, jika mtr
suhunya tinggi di putaran atas berarti main jet minta naik.
Note:
Setiap ada perubahan ukuran spuyer wajib setting angin
Jangan
berpatokan pada indikator suhu di dashboard tuk panduan setting krn
pasti gak sesuai, ini butuh joki yg feelingnya dah kuat.
Adakalanya
detonasi tdk bisa diobati dengan naekin spuyer jika detonasinya sudah
parah. Ini berarti ada ketidaknormalan pada komponen mesin lainnya.
Tidak ada komentar :
Posting Komentar